Kelas Menulis & Self-publishing

Assalamualaikum! 🙂

Kalau kamu membaca tulisan ini, saya asumsikan kamu ingin jadi penulis. Atau sudah jadi penulis, tetapi ingin tahu seluk beluk menerbitkan buku sendiri. Bahasa kerennya, self-publishing. Atau, kamu cuma kepingin tahu aja bagaimana saya bisa hidup dengan menulis.

Yap. Sejak 2013, menulis adalah profesi saya. Selama hampir tujuh tahun terakhir, saya sudah menulis dan menerbitkan 12 judul buku. Cukup untuk bikin satu tim sepakbola, dengan satu cadangan. Mereka terdiri dari novel, memoar, dan antologi prosa. Berikut judul-judul tersebut:

Baiklah, karya Anda sudah ada 12 judul. Tetapi, bagaimana penjualannya?

Saya ingin menjawab dengan angka, tetapi takut dibilang sombong. Enggak, deng. Sebagai gambaran, novel Tuhan Maha Romantis masuk cetakan ke-10 awal tahun ini. Antologi Prosa jangan dulu patah cetak ulang dalam 3 bulan setelah terbit. Dan saya beserta keluarga masih hidup sampai sekarang. XD

Bukankah royalti sebagai penulis kecil? Bagaimana bisa menjadikannya pekerjaan utama?

Royalti penulis umumnya 10%. Kecil atau besar, tergantung laku berapa eksemplar. Itu aturan yang berlaku jika kamu menerbitkan buku di penerbit mayor. Jika kamu menempuh jalur self-publishing, kamu menentukan royaltimu sendiri.

Tetapi, bukankah menerbitkan buku sendiri itu repot?

Memang. Namun, setelah tujuh tahun bergelut di dunia menulis & self-publishing, saya banyak belajar. Saya menemukan cara-cara yang efektif & efisien, sehingga bisa dijalankan oleh siapa saja. Dan melalui kelas ini, saya siap membagikannya.

Selama 3 jam (19.30-22.30), saya akan bercerita bagaimana proses kreatif saya dalam menulis & langkah-langkah self-publishing dari nol. Yang akan dibahas adalah:

  1. Nasib penulis & industri buku saat ini
  2. Bagaimana saya menulis novel
  3. Bagaimana saya menulis memoar
  4. Bagaimana saya menulis antologi prosa
  5. Bagaimana saya menerbitkan 3 buku dalam setahun
  6. Langkah-langkah Self-publishing dari nol
  7. Bagaimana saya menemukan pembaca, memasarkan karya, dan menjadi menulis penuh waktu

Kelas yang masih tersedia saat ini adalah Batch 5 yang akan diadakan hari Minggu 9 Agustus 2020 jam 19.30-22.30.

Setelah pembahasan, akan ada sesi interaktif. Kamu bisa langsung bertanya atau curhat tentang hambatan yang kamu hadapi.

Nantinya, seluruh peserta juga akan dimasukkan ke dalam satu grup Whatsapp. Jadi, networking bisa terus terjaga dan pertanyaan yang belum sempat diajukan di kelas Zoom bisa ditanyakan di grup. Dengan adanya grup whatsapp, kalau kita mau kolaborasi menerbitkan buku bareng, jadi lebih mudah. Karena itulah, kuota peserta tiap kelas hanya 50-60 peserta saja.

Demi menyaring peserta yang serius dan membuat saya lebih bertanggung jawab, kelas ini akan dikenakan biaya 500,000. Eh, maaf itu nolnya kebanyakan. Tiket untuk kelas ini adalah 50,000 rupiah. Semoga terjangkau, ya…

Saya berharap, kelas ini bisa membantumu untuk lebih mengenal dunia kepenulisan, merampungkan buku (baik itu novel, memoar, maupun antologi prosa/puisi), menerbitkan buku sendiri, menemukan pembaca, atau memasarkan karya.

Untuk mendaftar, sila kirim data nama & asal kota/kabupaten via Whatsapp 0812-1234-0604 atau langsung klik daftar.

Sampai ketemu di Zoom! 🙂

Published by

nurun ala

Laki-laki yang sedang belajar mencintai.

Tinggalkan Kesan...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s