Mengakui Kesalahan

Hebat betul kita ini.

Saat hidup berjalan sesuai rencana, saat salah satu target hidup tercapai, ketika satu dari sekian mimpi dapat diwujudkan, kita menepuk dada. Dengan penuh dramatisasi, kita akan bercerita betapa kita telah berjuang keras untuk mendapatkannya. Dengan yakin, kita menjelaskan strategi-strategi jitu yang kita jalankan untuk menggapainya. Biar orang-orang kagum dan terinspirasi.

Namun, saat kita menghadapi kegagalan, saat target kita jauh panggang dari api, ketika mimpi tak jua terwujud nyata, kita menyalahkan dunia. Dengan terampil, kita menunjuk berbagai pihak yang bertanggung jawab atas kegagalan itu. Dengan fasih, kita menjabarkan berbagai fenomena eksternal yang menghambat kita untuk menggapai keberhasilan.

Atau, kita tidak menyalahkan siapa-siapa, tetapi berupaya menipu diri sendiri dengan kebohongan yang manis. Bahwa sejak awal kita tak benar-benar menginginkannya. Seperti seorang pemancing yang berusaha mendapatkan ikan sebesar paha tetapi setelah seharian memancing yang ia dapatkan cuma ikan seukuran pergelangan tangan lalu berkata kepada diri, “Aku memang mengincar ikan ini. Ikan kecil lebih mudah dibawa dan dimasak. Juga, biasanya lebih enak.”

Menyalahkan orang lain dan menipu diri berbagi satu karakter yang sama: keengganan untuk mengakui kesalahan pribadi.

Demi perbaikan diri, semoga ke depan kita bisa lebih bijak untuk mengakui kesalahan. Dan tak lagi mudah masuk ke dalam jebakan-jebakan yang kelihatannya jauh melegakan padahal sangat menyesatkan.

~

nurun ala
2/7/20

Published by

nurun ala

Laki-laki yang sedang belajar mencintai.

One thought on “Mengakui Kesalahan”

Tinggalkan Kesan...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s