Di Mata Mereka

Orang-orang melihatmu seperti apa yang mereka pikirkan. Kamu yang tampak di pandangan mata orang-orang itu, adalah kamu yang ada di dalam hati dan kepala mereka. Dan atas persepsi itu, tak banyak yang bisa kamu lakukan. 

Jika kamu mengenakan riasan sederhana saat keluar rumah, orang-orang yang menyayangimu akan bilang kamu cantik apa adanya. Orang-orang yang membencimu akan bilang kamu kumal dan tidak modal.

Jika kamu mengenakan pakaian sama di beberapa foto yang kamu unggah di media sosial, orang-orang yang menyayangimu akan mengagumi pilihanmu untuk jadi minimalis. Orang-orang yang membencimu akan menganggap kamu tak punya cukup uang untuk membeli pakaian sehingga pakai baju yang itu-itu saja. 

Jika kamu menceritakan kerja keras yang telah kamu lakukan untuk sebuah pencapaian, orang-orang yang menyayangimu akan memberi apresiasi dan terinspirasi. Sementara itu, orang-orang yang membencimu akan bilang kamu tukang pamer, pamrih, ria.

Jika kamu berbagi cerita tentang musibah atau kesedihan yang tengah kamu alami, orang-orang yang menyayangimu akan berusaha membantumu atau setidaknya memberi semangat dan turut mendoakan. Sementara itu, orang-orang yang membencimu akan bilang, “Kualat!”

Kedua telingamu boleh saja selalu terbuka untuk mendengarkan setiap omongan. Namun, tak semuanya harus dipikirkan, apalagi dimasukkan ke dalam hati. Lebih baik, kita biasakan hati berbisik, “Bodo amat.” Kalau itu tak cukup, kita ucapkan lebih lantang dengan mulut, “Bodo amat, bangsat!”

Yang Terjadi, Terjadilah
20 Februari 2020

Published by

nurun ala

Laki-laki yang sedang belajar mencintai.

3 thoughts on “Di Mata Mereka”

Tinggalkan Kesan...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s